Jangan main-main dengan BIROKRASI

BIROKRASI...

Rabu kemaren, aq n Andrea ke Bern, buat ngurus schengen visa buatku...
Qta ke kedutaan Jerman, buat ngurus semuanya...

Andrea bilang gini, 'Sinta, qta pasti bakalan dapet schengen visa itu..!!'

Andrea udah dandan rapi, dya bilang penampilan orang punya kesan berharga...
Oke.
Tapi ternyata stelah diperiksa sana sini,
Ternyata yang boleh masuk cuma aku...
Secara visanya cuma buat aq..
Yayaya...

Oia, ada satu crita...Ini waktu aq baru nyampe di depang pintu Kedutaan Jerman..Ada bapak2 yang dengan muka memelas bilang ke sekuriti, kira2 kayak gini..:

Bapak2 : 'Tolong, Pak,,Saya udah jauh2 dari xxx buat ke sini...Tolong supaya saya bisa masuk..'

Sekuriti : 'Ya, tapi anda datang terlambat. Maaf anda tidak bisa masuk ke dalam..'

Bapak2 : 'Ya, maaf...tapi tolong..Tolong..ijinkan saya masuk..Saya udah jauh2..'

Sekuriti : 'Bapak tau? Klo bapak mau naek kreta api ato pesawat, dan bapak datangnya terlambat? Apa pesawatnya mau nunggu buat bapak? Kami punya 200 orang per hari, eh per bulan..(pas salah nyebut ni, si mas sekuriti lucu banget...hihihih)..Saya diberi kewajiban ini dari pemerintah Jerman..Tolong bapak hargai itu..'

Bapak2 : 'Tapi...'

Sekuriti : 'Maaf pak..Ya, berikutnya..'

Yaya, si Bapak2 itu bener melas banget..Kasian sih, tapi ya sbenernya si Bapak juga salah si...Smoga laen kali lebih tepat waktu ya Pak...=)

Stelah nunggu lama di ruang tunggu visa, akhirnya aq masuk ke tempat pemeriksaan dokumen...

Well, ternyata fotoku salah...
Bukan biometrish ato apalah gitu...

akhirnya, dengan penuh perjuangan, (cie, gaya banget)
aq berhasil buat foto 'biometris' itu...

akhirnya, qta balik ke kedutaan, ngasi fotonya..
dan....
Ya, aq bisa ngambil visa tu tanggal 20 Des,,
tapi harus dengan dokumen2 dari AFS n bukti pendapatan hostfamku...
Njlimet ya?
ya, emang di mana2 birokrasi itu bikin kesel...
Pffuh...

Jangan main2 dengan birokrasi...

Comments