St. Nikolas

Tanggal 1 Desember, adalah hari St. Nikolas alias harinya Santa Klaus di Fribourg. Di Swiss, setiap kanton (provinsi kecil), menganut ajaran agama yang beda beda. Nah, di kanton tempat aq tinggal, mereka menganut Katolik. Jadi, festival St. Nikolas ini cuma ada di Fribourg.



Kebetulan hari itu juga, aq kebagian tugas jaga stand kue bareng koor St. Michel. Hampir smua dari mereka ngomong sehari2 pake bahasa Prancis. Swiss emang kebagi jadi 3 wilayah, wilayah bahasa Jerman, Prancis, dan Itali. Aq tinggal di wilayah yang nanggung, sbaggian besar pake bahasa Prancis, tapi sebagiannya lagi pake bahasa Jerman. Di skolah pun gitu, ada yang French speaking. German speaking, dan French-German speaking. Karna aq maw blajar bahasa Jerman di sini, jadilah aq masuk kelas German speaking.



Stand kita agak nyelempit sih, tapi pas ada di depannya Museum Jean Tinguely, seniman Fribourg. Qta jual kue kue dan wine. Kue2 nya buatan anak2 koor sendiri lo, termasuk aq. Paginya aq bikin kue bareng Andrea..(tau sendiri lah, Andrea kan koki, jadi jagonya bikin gini2an..hehehe)



Karna orang2 yang dateng ke stand kita hampir smua orang2 yang ngomong pake bahasa Prancis, jadilah aq cuma pasang senyum manis aja..Soalnya aq cuma taw 'Bonjour..'



Gini nih contohnya :



Bapak2 : 'Bonjour Madame..!!'

Aq : 'Ya..Bonjour' (Masak ada 'Ya..Bonjour'..heheheeh)

Bapak2 : '@#§°¬§¢¦¬¢°#¢'

Aq : 'Sorry, Ich kann nicht Franzosisch sprechen.'

Bapak : 'L'Anglais?'

Aq : Ha?

Bapak : 'English?'

Aq : Heh..Ya, a lil bit.

Bapak2 : Okay, how much does it cost for wine?

Aq : 2 Francs. Thanks..



Yayaya, seru juga sih..Itung2 sambil blajar bahasa Prancis..

Stand kita buka sampe jam 8 malem. Dapet uang banyak juga kayaknya. Secara klo wine dijual 2 Frank per gelas, dan kalo kue2 nya sendiri harganya sukarela. Jadi banyak juga yan dengan sukarela ngasi 10 Frank mereka buat 1 ato 2 kue...(dermawan banget..)



Akhirnya, stelah itu, qta makan bersama di restoran D'piazza. Qta makan Fondue, makanan khas Swiss, qta nyelupin kentang n roti ke dalam keju yang udah dicairkan..Enak sih, tapi harganya bikin gak enak..Ampun deh..hehehehe...=)



Sekian..!!







Ni dia keramaian pas di Fribourg, skitar 35.000 orang katanya. Aq nyelempit di antara mreka..=)



Koor St. Michel, orangnya sangat friendly.


Kue yang aq buat dengan Andrea, ni pas aq baru dateng

Ni standnya...=)




















Comments