Manusia itu tiap hari belajar

Manusia itu tiap hari belajar.
Ada aja hal-hal baru yang bisa dipelajari, mau itu kecil ato besar.
Di depan aku sekarang lagi ada anak-anak belajar mengenal nama-nama binatang.
Kemaren Andrea baru tau kalo mau nyabut kabel komputer itu sebelumnya komputer harus dimatiin.
Christian belajar masak, lagi berkutat sama buku-buku resep.
Tadi di kelas pas pelajaran Matematika kita belajar tentang Limit (untung masi inget dikit, makasih Bu Siska, hehehehe)
Di kelas Musik juga, untuk pertama kali aku bukan yang paling makan waktu lama karena disuruh ngulang pas bagian "nyanyi sendiri" (tadi malem aku belajar solmisasi keras-keras di kamar)
Belakangan ini aku kok jadi lebih sensi ya? Mungkin sindrom "bentar lagi pulang". Kadang aku cuma ngitung minggu sampe tanggal kepulangan, dan lupa ngitung minggu yang udah aku lewatin di sini. Baru aku mikir "Ternyata udah 8 bulan aku di Swiss."
Banyak banget hal-hal baru yang udah aku pelajari di sini. Belajar Bahasa Jerman, belajar teori Musik yang asing banget, belajar buat kue, belajar renang, belajar lebih tepat waktu, belajar toleransi sama adek-adek baru, belajar nerima kenyataan kalo hidup itu emang gak semulus jalan tol, belajat kalo kita gak harus selalu jadi yang nomor satu (tapi jadi nomor dua juga buka pilihan yang bagus), dan di sini aku belajar buat bener-bener menghargai apa yang udah aku punya, bukan terus ngeliat ke apa yang orang lain udah punya.
Terus aku jadi inget waktu sebelum aku berangkat ke Swiss, Sinta dengan high-expectation nya. Tapi sekarang aku nyantai aja. Manusia boleh punya banyak rencana dan tujuan, tapi cuma Tuhan yang bisa nentuin, kan?
Aku inget yang pernah dibilang Frau Schenk pas belajar renang. Tiap pertemuan kita selalu buat : Tujuan hari ini. Tapi yang sering tujuannya itu gak kesampaian. Frau Schenk bilang gini : "Ya udah diturunin aja tujuannya, biar lebih gampang dan hati jadi puas. Ntar lain waktu kan bisa dilanjutin."
Ya ya, let it flow lah, biar semuanya kayak air mengalir deh (Aji dan Mama banget). Semuanya, mau yang jelek ato yang bagus disyukuri aja dan diambil hikmahnya....
*Sinta ist kaputt...Bener-bener capek puoll hari ni...

Comments

Nastita Rani said…
This comment has been removed by the author.
Nastita Rani said…
Siiin... daijoubou desu ka?? kliatannya kok melow gt si.
oiY, smth is wrong with moi blog :/ no one can open .. how annoying.
I'll find a way today but you are still responsible for filling out my taggie :p
* cippooook
didit blog said…
yes, keep learn...
mumpung masih muda..je
trie said…
belajar samapai hayat dikandung badan, semangat terus ananda sinta,
kejar samapai dapat.....
suatu saat pelajaran akan ada manfaatnya. semangat ya .....
maju terus pantang mundur heheheee...
sinta sukses selalu , salam buat keluarga andrea dan christian.
i love you......